wrapper

20170416 Penyelarasan Polres Jember dan Sidoarjo menuju WBBM 1

Asistensi Akuntabilitas Kinerja dalam rangka Penguatan Akuntabilitas Kinerja Polres Sidoarjo dan Polres Jember Menuju WBBM

SURABAYA - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo dan Kepolisian Resor (Polres) Jember menargetkan untuk bisa mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada evaluasi zona integritas tahun depan yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Hal tersebut merupakan tindak lajut hasil evaluasi zona integritas sebelumnya, di mana Polresta Sidoarjo dan Polres Jember berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Guna mencapai target tersebut, Polresta Sidoarjo dan Polres Jember menyelaraskan langkah dengan melakukan Asistensi Akuntabilitas Kinerja dalam rangka Penguatan Akuntabilitas Kinerja Polresta Sidoarjo dan Polres Jember Menuju WBBM. Asistensi langsung diberikan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan (RBKunwas) Kementerian PANRB, M. Yusuf Ateh, bersama dengan tim.

Ateh mengapresiasi langkah tersebut yang menggambarkan komitmen tinggi dalam melakukan pembenahan demi terwujudnya pelayanan terbaik bagi masyarakat. Namun demikian, menurutnya untuk bisa mendapatkan predikat WBBM dalam evaluasi zona integritas mendatang, Polresta Sidoarjo dan Polres Jember harus bisa meyakinkan masyarakat sebagai salah satu unsur penilaiannya, di mana survey eksternal turut mempengaruhi penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PANRB.

"Predikat unit kerja menuju WBK/WBBM masih sangat jarang dan cukup sulit diperoleh karena terdapat kriteria-kriteria yang harus dipenuhi dalam penilaiannya, termasuk hasil survey terhadap stakeholders yang harus memenuhi standar tertentu. Zona integritas yang diperoleh oleh Polresta Sidoarjo dan Polres Jember di tahun 2016 merupakan perwakilan atas reformasi birokrasi yang dilakukan di tubuh Polri. Saya berharap bahwa nantinya akan semakin banyak Polres-Polres yang dapat mengikuti keberhasilan Polresta Sidoarjo maupun Polres Jember dan semakin memperbaiki citra Polri di masyarakat," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Muh. Anwar Nasir, menyatakan bahwa pihaknya beserta seluruh jajawan siap untuk menjadi percontohan bagi seluruh Polres lainnya. "Di Polresta Sidoarjo terdapat program-program yang kami bangun, yang diharapkan dapat langsung dirasakan dan menyentuh masyarakat Sidoarjo, yang menjadi salah satu kunci bagi keberhasilan bagi Polresta Sidoarjo berhasil memperoleh predikat unit kerja menuju WBK pada tahun lalu," ujarnya.

Sementara hal senada juga disampaikan Kapolres Jember, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kusworo Wibowo, mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus belajar dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jember sebagai bentuk komitmen nyata. "Termasuk didalamnya adalah pembelajaran untuk peningkatan akuntabilitas kinerja di lingkungan Polres Jember, sehingga Polres Jember tidak hanya sekedar dapat mempertahankan predikat WBK, namun juga untuk memperoleh predikat WBBM di tahun 2017 ini," ungkapnya. (am)


Link Terkait

whistleblowingombudsmankpklaporbpkp presiden riSurvei integritas1Survei integritas2e office