wrapper

1003 DD 1

Kedeputian RBKUNWAS rapat dengan Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Hassanudin, dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) (09/03) di kantor Kementerian PANRB Jakarta, terkait Progam Beasiswa Reformasi Birokrasi.

 

Perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik sebagai prasyarat utama pembangunan nasional memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana tertuang dalam Grand Design Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2025, dimana aspek pembanguan sumber daya manusia menjadi fokus reformasi birokrasi di tahun 2020 -2025.

Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RBKUNWAS), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dengan salah satunya menginisasi Program Beasiswa Reformasi Birokrasi.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Deputi RBKUNWAS Didid Noordiatmoko, pada rapat dengan Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Hassanudin, dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) (09/03) di kantor Kementerian PANRB, Jakarta.

Program beasiswa reformasi birokrasi ini merupakan program master double degree bagi aparatur sipil negara (ASN) penggerak reformasi birokrasi, sebagai pilot projectnya program ini bekerja sama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi luar negeri. ⁣

Nantinya bagi ASN yang berperan aktif dalam pelaksanaan reformasi birokrasi baik di level internal Instansi maupun di level nasional akan terpilih untuk mengikuti seleksi program beasiswa double degree ini, “dan para ASN yang terpilih mengikuti program ini disiapkan untuk menjadi reform agent pada instansinya masing-masing”. Ujar Sekretaris Deputi RBKUNWAS.⁣

Didid Menambahkan pihaknya mengharapkan para penerima beasiswa mempelajari praktik terbaik pelaksanaan reformasi birokras dari perspektif dalam dan luar negeri, “ kami ingin mereka memiliki pemahaman yang komprehensif terkait best practice pelaksanaan  reformasi birokrasi dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam reformasi birokrasi di Indonesia” ujarnya.

Saat ini Kedeputian RBKUNWAS bersama Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sedang merumuskan program double degree yang akan dibuka dari mulai skema program beasiswa, komponen pembiayaan, dan ketentuan-ketentuan khusus lainnya  bagi para penerima beasiswa program master double degree. 

⁣Sesuai timelinenya pada 16 Maret - 26 April 2020 Kedeputian RBKUNWAS akan membuka pendaftaran seleksi, karena diharapkan pada Agustus 2020 sudah dimulai perkuliahan bagi program master double degree ini.⁣


Link Terkait

whistleblowingombudsmankpklaporbpkp presiden riSurvei integritas1Survei integritas2e office