sakiprbaward2020

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mendapatkan predikat RB-SAKIP B, BB, A, dan AA . 

Hal ini disampaikan Menteri PANRB pada acara yang bertajuk “Penyerahan Hasil Evaluasi Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah & Reformasi Birokrasi Tahun 2020” atau “SAKIP – RB Awards”,di Jakarta, Kamis (22/04). Pada kesempatan tersebut Menteri Tjahjo menyerahkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota tahun 2020. Kepada 66 pemda yang hadir secara fisik.

“ Pada kesempatan ini saya ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mendapatkan predikat RB-SAKIP B, BB, A, dan AA, karena telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan, sehingga tercipta birokrasi yang kapabel dan berdaya saing, yang mampu menjalankan program-program pemerintah dengan efektif dan efisien, ujar Menteri Tjahjo Kumolo kepada seluruh peserta baik yang hadir secara fisik maupun online.

Lebih lanjut Menteri Tjahjo juga mengingatkan bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang masih berpredikat C dan CC, untuk meningkatkan komitmen serta melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan dalam penerapan Reformasi Birokrasi dan SAKIP. 

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan reformasi birokrasi adalah sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi untuk memastikan terciptanya perbaikan tata kelola pemerintah. Semakin baik tata kelola pemerintahan suatu negara, maka semakin cepat pula roda pembangunan nasional akan berputar.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, reformasi birokrasi dilakukan sebagai upaya untuk membuat birokrasi lebih adaptif dan lebih cepat dalam proses pelayanan dan pengambilan keputusan,” ujar Menteri Tjahjo Kumolo.