wrapper

20181119 Panel Evaluasi ZI di Veranda Hotel Jakarta
 
Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan, Didid Noordiatmoko, saat memberikan arahan kepada evaluator
 
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Panel Diskusi atas hasil Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Veranda Hotel, Jakarta, Senin (19/11). Panel tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa penilaian yang telah dilakukan oleh setiap evaluator benar-benar mencerminkan keberhasilan unit kerja dalam membangun zona integritas.
 
Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan (RBKunwas), Didid Noordiatmoko, mengungkapkan bahwa pengajuan unit kerja menuju WBK/WBBN dalam pembangunan zona integritas tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, Didid mengharapkan bahwa setiap evaluator mampu menjaga objektifitas atas penilaian dan evaluasi yang dilakukan.
 
Selain itu, Didis juga mengatakan bahwa setiap unit kerja, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga instansi yang mengajukan pembangunan zona integritas harus diberikan apresiasi karena komitmen tinggi yang diberikan. Apresiasi tersebut pantas didapatkan mengingat zona integritas merupakan miniatur reformasi birokrasi yang dalan pelaksanannya membutuhkan komitmen tinggi dari pimpinan yang bisa ditransformasikan kepada anggotanya guna menghadirkan perbaikan dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik.
 
“Setiap OPD yang hasil kinerja menunjukkan peningkatan, baik inovasinya dan pelayanannya kepada masyarakat, tentunya harus diberikan apresiasi dan peningkatan penilaiannya," kata Didid.
 
Namun demikian, Didid juga menekankan kepada evaluator agar pendampingan dan evaluasi yang dilakukan terhadap unit kerja mampu memberikan dampak positif terhadap perbaikan instansi pemerintah, termasuk unit kerja di instansi yang belum mendapatkan predikat WBK/WBBM. "Dan tentunya untuk OPD yang belum menunjukkan perbaikan dan peningkatan kinerjanya, harus segera berbenah sehingga kedepannya menghasilkan perubahan yang baik bahkan spektakuler seperti halnya yang dicontohkan beberapa OPD yang telah meraih penghargaan," ujarnya. (ian)

Link Terkait

whistleblowingombudsmankpklaporbpkp presiden riSurvei integritas1Survei integritas2e office